Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Selasa, 21 Februari 2012

kuliner khas bagansiapiapi

Kuliner Khas Bagansiapiapi


Kwetiau Bagansiapiapi
Kuliner khas Bagansiapiapi yang terkenal adalah masakan Tionghoa yang dikombinasikan dengan hasil bumi setempat, misalnya : Kwetiau BaganMiso BaganNasi lemak Bagan, ''Kari Peng'' (Nasi Kari Bagan), Ham-ke (sejenis martabak dari kerang), Wantanmi (Mi Pangsit), Ke-mi (mi campur potongan mirip kwetiau), Tilongpan (mirip Cicongpan di Medan), Kiam-keLolia (Rujak Bagan), O-Lua(Rujak Pedas), O-KeO-Yi, dan sebagainya.

Oleh-oleh khas Bagansiapiapi adalah Kacang pukul yang diproduksi masyarakat Tionghoa sejak turun temurun. Selain itu juga terkenal terasikerupuk udangkerupuk singkongudang kering (Ebi), permen kelapa, kue Kiat-hong, kue Lik-tao-ko, kue Ang-che-nai-ko, dan beragam jajanan khas lainnya yang tidak ditemukan di daerah lain.


KACANG PUKUL OLEH-OLEH KHAS BAGANSIAPIAPI
KACANG PUKUL






Berikutnya, masakan khas yang selalu menemani lauk pauk jika sedangka makan adalah sambal belacan, dimana belacan ini hanya diproduksi dan didapatkan di Bagansiapiapi.






Ada juga makanan khas yang menjadi favorit masyarakat Bagansiapiapi adalah gulai pisang. hal ini dikarenakan bahan pokoknya yaitu pisang, mudah didapat di pasar dan juga banyak masyarakat yang menanam pohon pisang di belakang rumahnya.
 




0 komentar:

Posting Komentar