Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Selasa, 06 Maret 2012

Peninggalan Sejarah di Bagansiapiapi



RUMAH KAPITEN

                   Rumah Kapiten Tua adalah bekas peninggalan Belanda. Namanya Kapiten Lo Chin Po. Ia terbunuh pada saat peristiwa bendera di Bsgansiapiapi tahun 1946. Kapiten adalah “kepala suku” masyarakat Tionghoa di Bagansiapiapi. Saat ini rumah tersebut ditempati oleh pewaris kapiten.







TUGU PROKLAMASI

                   Tugu Proklamasi ini didirikan untuk mengenang tibanya informasi tentang kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Bagansiapiapi pada tanggal 23 Agustus 1945. Kabar tentang proklamasi tersebut terlambat sampai ke Bagansiapiapi. Berita tersebut didapat dari Kantor Pos Bagansiapiapi. Proklamasi RI diumumkan 17 Agustus 1945.




TUGU PERJANJIAN

                   Di balik keberadaan tugu di persimpangan Jalan Kelenteng ini, tersimpan kisah yang sangat unik. Konon sekitar tahun 1929 silam, penduduk kota Bagansiapiapi dilanda suatu musibah, sehingga disarankan seorang pemuka agama perlu dibangun tugu guna menangkal musibahtersebut supaya tidak terjadi lagi, maka dibangunlah empat buah tugu yang ditempatkan di empat penjuru kota Bagansiapiapi, yang dapat dilihat hingga saat ini. Ada juga yang menyebutkan tugu ini sebagai tugu perjanjian antara manusia dan setan.









0 komentar:

Posting Komentar